Search My Blog's

readbud - get paid to read and rate articles

06 February 2010

Nokia N900

Lewat ponsel teranyarnya Nokia memperkenalkan sistem operasi barunya Maemo 5. Seperti halnya Android Maemo 5 juga dibuat dengan basis sistem Linux. Jika dalam Android kita akan menemukan tiga halaman home screen, maka pada Maemo ada empat. Keempatnya bisa kita personalkan sesuai dengan kebutuhan. Namun secara default bisa dibagi menjadi halaman home screen 1 dibiarkan kosong untuk personalisasi user, home screen 2 (geser kanan) berisi aplikasi-aplikasi online plus GPS, home screen 3 berisi personal information Managemen dan fungsi telepon, sementara home screen 4 diisikan dengan link-link belanja aplikasi online.

Interface
Desain Nokia N900 tidak begitu inovatif, karena model slide yang ditampilkan oleh N900 juga sudah banyak digunakan oleh model-model lain.

Nokia N900 juga tidak menyediakan ruang yang luas untuk keypad qwerty side slide-nya. Bisa dilihat dengan cara menggeserkan bagian layar samping, maka deret keypad qwerty tersebut hanya menyembul kurang dari setengah lebar ponsel.

Dengan kecilnya porsi keyboard, dan disisi lainya tersedia layar sentuh TFT resistive dengan ukuran  3,5 inchi berkualitas, maka cara paling benar menikmati isi ponsel ini adalah melalui interface sentuhnya, serta perlengkapan stylusnya.

Multimedia
N900 memuat sejumlah fitur multimedia terkini. Beberapa dimasukan dalam satu kategori media player (MAEMO Media Player) yang tertampil sebagai ikon flash yang enak dilihat.

Hampir semua format musik bisa dieksekusi, demikian juga dengan format video (avi, mpeg4), namun seperti biasa resolusi video yang disupport maksimal hanya sebatas resolusi layar saja. Dan untuk yang butuh dukungan file OGG dan FLC bisa mendownload codec yang sudah disipkan pihak developer.

Output suara difasilitasi oleh 2 corong speaker terpisah disisi kanan dan kiri ponsel (dalam kondisi landscape). Namun bila anda menggunakan handset, N900 sudah menyediakan koneksi 3.5 mm.

Konektivitas
Ada Wifi, Bluetooth, konektor microUSB, GPS, FM transmitter dan jalur data HSDPA 10 mbps. Semua bisa diakses dan diatur dengan langkah mudah.

Hal baru yang akan kita temukan terletak pada setingan yang hampir semuanya dilakukan secara otomatis, dan browser apik besutan Maemo. Browser ini mampu menampilkan file flash dalam sebuah situs full web dan dengan proses render yang terbilang cepat.

Aplikasi dan Instalasi
Secara default sudah ada game-game menarik di N900, aplikasi office DataViz Document To go (versi viewer), facebook, Twitter dan berbagai aplikasi online tambahan. Termasuk Ovi maps dengan fasilitas routing gratis dan siap digunakan tanpa navigasi suara.

Hardware
N900 telah membawa prosesor dengan kecepatan tinggi. Ini adalah penjelasan mengapa multitasking pada ponsel ini berjalan dengan sangat lancar. Prosesor TI OMAP 3430: ARM Cortex-A8 600 MHz., dan 3D akselerator PowerVR SGX with OpenGL ES 2.0 supprot menjadi jantung N900. Ruang memori internal mencapai 32 GB, dengan slot microSD hingga 16 GB.

Harga : Rp. 6.550.000,- (BM)

Berikut adalah spesifikasi lengkap-nya :
Koneksi :  Infrared, Wifi 802, Bluetooth v2.1(A2DP), konektor microUSB, GPS, FM transmitter dan jalur data HSDPA 10,2 mbps, HSUPA 2 Mpbs, GPRS 32
Sistem Operasi : Maemo 5
Prosesor : ARM Cortex-A8 600 MHz.
Grafis : PowerVR SGX with OpenGL ES 2.0
Layar : TFT resistive touchscreen 16,7 juta warna, 800 x 480 piksel, 3,5 inchi
Kamera : 5 Mega pixels, Carl Zeiss Optics, autofocus, dual LED flash, video light, geo-tagging, video (WVGA), kamera sekunder (VGA)
Pesan : SMS, email, push mail,IM
Support : xHTML, HTML, RSS feed
Memori : 32 GB/256 MB RAM, slot microSD
Keyboard : full qwerty
Multimedia : WMV/RealVideo/MP4/XviD/DivX, TV out, FM transmitter
Audio : speaker stereo, port audio 3,5 mm
Others : GPS (A-GPS), Ovi Maps, Skype & Google Talk VoIP, viewer document, photo editor, Adope flash player 9.4

No comments:

Post a Comment

write your's comment here